Kamis, 23 April 2020

Berkenalan dengan Forum Buku Berjalan Indonesia



Buku adalah jendela dunia, banyak yang bilang begitu. Meski bagi kami, jika rumah diibaratkan sebagai individu, buku adalah jendela, pintu bahkan lubang-lubang terkecil dari rumah tersebut. Ya, sebegitu buku memberikan udara segar berupa ilmu dan hiburan bagi para pembacanya.

Membaca buku, bagi sebagian besar orang mungkin mudah. Tapi sebagain lain mengaku merasa kesulitan. Mulai dari mangatur waktu membaca, overwhelmed memilih bacaan hingga alasan finansial. Sedangkan bagi mereka yang sudah menamatkan membaca sebuah buku, apakah "sesuatu" yang didapatka dari bacaan tersebut akan menguap begitu saja? Apakah manfaat si buku akan berhenti begitu saja?

Kami berpikir, bagaimana caranya supaya buku-buku tersebut bisa terus berjalan, secara harfiah maupun non harfiah. 

Hingga akhirnya tercetuslah Forum Buku Berjalan Indonesia atau lebih dikenal dengan Buku Berjalan


Latar Belakang Hadirnya Buku Berjalan...

Forum Buku Berjalan Indonesia atau yang biasa disebut Buku Berjalan (BB) adalah komunitas sekaligus platform yang berfokus menyebarkan semangat dan kecintaan pada membaca buku dan literasi baca tulis. 

Melalui platform Instagram dan blog, secara berkala Buku Berjalan berbagi informasi, motivasi dan inspirasi seputar dunia buku dan literasi baca tulis. Anggota Buku Berjalan saat ini berjumlah sekitar 49 orang dan tersebar dari Sumatera hingga Sulawesi. Komunitas ini lahir pada 24 April 2020.

Nama Buku Berjalan diambil dari tekad agar manfaat buku yang kita miliki terus "berjalan" lewat beragam kegiatan yang diadakan oleh Buku Berjalan seperti Bicara Buku, Tukar Buku, Ulas Buku dan lain sebagainya.

Keanggotaan Buku Berjalan

Saat ini, kegiatan Buku Berjalan bersifat daring secara terpusat, namun ke depannya jika kondisi sudah memungkinkan, akan dibuat regional agar lebih fokus mengembangkan budaya membaca dan memaksimalkan manfaat buku milik anggota.

Ada sekitar 51 anggota di Whatsapp Groupa yang tersebar di Jabodetabek, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sumatera Utara, Jawa Barat, Banten, Jogja, Jawa Timur, dan lain-lain.

Kegiatan Kami

Beberapa kegiatan yang diadakan antara lain: 

  1. Bicara Buku, kegiatan berbagi ulasan atau pesan dari buku yang dibaca oleh anggota melalui platform WhatsApp Group, sepekan sekali.
  2. Ulas Buku, kegiatan mengulas minimal satu buku yang sudah dibaca dalam sebulan ke sosial media Instagram dengan tagar #ulasbukuberjalan
  3. Kelas Buku, kegiatan berbagi ilmu seputar dunia baca tulis oleh narasumber mumpuni secara virtual, dilakukan dua bulan sekali.
  4. Temu Buku, kegiatan saling berbagi isi bacaan melalui platform Zoom. 
  5. Donasi Buku, kegiatan berbagi buku-buku hasil decluttering yang masih layak baca untuk didonasikan ke TBM mitra Buku Berjalan.
  6. Tukar Buku, kampanye saling tukar pinjam, tukar miliki ataupun hibah personal antar sobat buku yang dilaksanakan melalui Instagram @tukarbuku_berjalan dan WhatsApp. 


Dengan tagline #JalaninBukumu, Buku Berjalan mengajak masyarakat untuk menumbuhkan dan mengkonsistensikan kebiasaan membaca buku serta membuat manfaat buku yang kita miliki terus berjalan dengan:

  • mengulasnya di sosial media
  • meminjamkannya
  • mendonasikannya/menghibahkannya

Buku-bukumu mungkin sudah bertahun-tahun "hanya hidup". di rakmu dan untukmu, kini saatnya #JalaninBukumu!

Buku Berjalan tidak akan membimbingmu/mewajibkan/menyuruh untuk jadi bookstagrammer tapi disini kita saling belajar & saling menyemangati untuk mengkonsistensikan budaya membaca dan menjalankan manfaat bukumu.

Yuk #JalaninBukumu!

Apakah kamu siap #JalaninBukumu bersama Buku Berjalan Indonesia?


Let's Get Connected!

Instagram Komunitas: @bukuberjalan.id

Instagram Tukar Buku: @tukarbuku_berjalan

Facebook: Forum Buku Berjalan Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Festival Buku Berjalan: Perayaan 4 Tahun Buku Berjalan dengan Lestarikan Bumi Lewat Literasi dan Aksi

Ada yang spesial di perayaan 4 tahun Buku Berjalan kali ini. Yes … karena Forum Buku Berjalan sebagai komunitas literasi, juga turut serta ...