Kamis, 30 September 2021

14 Julukan untuk Pembaca Buku

 



Kalian tentu tak asing dengan istilah kutu buku, bukan? Ternyata, selain kutu buku, terdapat banyak istilah lainnya yang disematkan pada mereka si pecinta buku, loh! Gak percaya? Yuk, kita simak berbagai julukan untuk pembaca buku berikut ini.


1. Bibliobobuli

Istilah ini berlaku untuk mereka yang memiliki kemampuan membaca di atas rata-rata, misalnya novel tebal dalam waktu kurang dari satu jam. Oleh karena itu, mereka memiliki sebutan khusus, yaitu Bibliobobuli. Seorang bibliobobuli memiliki kemampuan membaca luar biasa-di luar kemampuan baca pada umumnya.

bookworm
sumber: Beautynesia


2. Bibliokleptomania

Julukan ini mengarah kepada mereka yang cenderung pelupa untuk mengembalikan buku yang telah mereka pinjam-atau bahkan berniat mencurinya. Ada banyak alasan yang menyertai julukan ini. Selain pelupa, harga buku yang lumayan tinggi membuat beberapa orang tak mampu untuk membeli. Akhirnya, mereka memutuskan untuk meminjam, bahkan mencurinya.

3. Bibliotaps

Pernah mendengar istilah ini? Ya. Julukan ini mengarah pada seseorang yang menyembunyikan buku-buku miliknya dari orang lain. Tujuannya adalah agar buku-buku tersebut tidak dipinjam. Mereka takut jika bukunya akan rusak atau hilang jika dipinjamkan ke orang lain.

4. Bibliophagist

Julukan ini diperuntukkan untuk seseorang yang sangat menyukai genre buku dan mencintai tulisan hingga kata demi kata. Menurut Collin Dictionary, bibliophagist adalah seseorang yang melahap buku hingga tuntas. Ia mampu membaca sebuah buku dan benar-benar tenggelam ke dalam tulisannya-hingga tak ada satu kata pun yang terlewat. Bahkan -tak menutup kemungkinan- mereka akan menghapal setiap isi halaman dari daftar isi, kata pengantar hingga daftar pustaka buku tersebut.

5. Bibliophile

Pernahkah kamu mendengar istilah kutu buku? Secara umum, bibliophile ini termasuk istilah lain dari kutu buku. Bibliophile sangat mencintai buku-buku dan dianggap teman sejati ‘buku’. Saking cintanya dengan buku, mereka akan merawat koleksi bukunya dengan baik sekaligus membacanya. Bagi mereka, mengoleksi, membaca, dan merawat buku sudah dianggap keharusan tersendiri. Mereka bahkan rela menghabiskan uang pribadi untuk membeli sebuah ‘buku’ dan membuat perpustakaan pribadi.

sumber: Gramedia


6. Bookworm

Julukan ini mengarah kepada seseorang yang membaca buku. Meskipun hampir menyerupai julukan bibliophile, julukan ini mengarah kepada kecintaan seseorang terhadap isi bacaan mereka. Hal ini membuat mereka tidak memiliki keinginan kuat untuk mengoleksi buku-buku tersebut seperti julukan sebelumnya.

6. Book Sniffer

Nah, julukan ini tampaknya memang masih asing di telinga kita bukan? Book sniffer adalah sebutan untuk orang yang suka mencium aroma khas buku, baik aroma buku lama ataupun buku baru. Bagi mereka, ada kenangan dan sensasi tersendiri saat aroma tersebut terendus di penciumannya. Unik sekali ya mereka!

7. Book-bosomed

Pernah melihat seseorang membaca buku di terminal bus atau kereta api? Kegiatan ini memang menjadi budaya positif di beberapa negara, seperti Jepang dan Korea. Julukan ini mengarah pada orang-orang seperti itu, yang selalu membawa buku kemana pun dia pergi. Meski tak selalu dibaca, kesadaran membawa buku akan membuat seseorang lebih tenang untuk mengisi waktu luang, seperti saat macet atau mengantri. Apabila kamu salah satunya, maka julukan book-bosomed ini berlaku pula untukmu.

8. Bookarazi

Dalam media sosial, kita pasti sering melihat potret-potret buku yang cantik dan estetik. Tak hanya buku, potret tersebut dilengkapi dengan properti mendukung seperti bunga, secangkir kopi, kacamata, meja dan benda lainnya yang mendukung nilai estetika tersebut. Julukan ini cocok disematkan kepada orang-orang seperti itu. Mereka senang memotret buku yang tengah mereka baca dan membagikannya ke media sosial. Andai mereka pandai dalam mengedit foto, potret yang dibagikan akan semakin cantik dan mendapat lebih banyak like. Wah, keren kan? Tertarik menjadi bookarazi, Sobat?

sumber: Hipwee


9. Cross-Under

Meskipun masih terdengar asing, cross-under merupakan salah satu julukan untuk mereka yang mencintai buku. Istilah ini mengacu pada mereka (dewasa) yang menyukai bacaan anak-anak, seperti komik. Selain itu, istilah ini juga mengacu pada mereka (anak-anak) yang menyukai bacaan orang dewasa, seperti filsafat, sastra dan buku berat lainnya.

10. Logophile

Saat membaca buku, seseorang akan menemukan quotes-quotes bagus yang membuatnya terpikat dengan penggunaan diksinya. Jika kamu suka mengoleksi kata-kata bagus tersebut, maka julukan logophile ini cocok tersemat kepadamu. Istilah ini digunakan bagi mereka yang sangat mencintai kata-kata (puitis) dalam buku. Kecintaannya terhadap kata-kata ini membuat mereka senang berkreasi dengan kata-kata indah menjadi sebuah tulisan karya sendiri.

11. Epeolatry

Julukan ini masih berhubungan dengan pecinta kata-kata dalam buku, loh! Jika logophile mengarah kepada kata-kata puitis, maka julukan ini lebih mengarah kepada tiap kata deskripsi seperti novel. Deskripsi kata-kata lebih menarik daripada gambar karena membuat imajinasi mereka lebih bebas. Mereka akan memahami suatu kalimat atau tulisan dengan penjabaran tiap kata-kata yang dibaca. Semakin sering membaca, tentunya semakin mudah seseorang untuk memahami sebuah tulisan dalam buku bukan?

12. Omnilegent

Kalau julukan ini cocok disematkan kepada mereka yang suka membaca tanpa memilih genre tulisan. Mereka suka membaca semua genre apapun dan melahapnya hingga habis. Bagi mereka, semua buku memiliki keunikan tersendiri dan menyenangkan untuk membacanya.

sumbe: Goodminds


13. Tsundoku atau Bibliomania

Melihat dari julukannya, kita sudah bisa menebak bahwa istilah ini berasal dari bahasa Jepang yang berarti ‘kondisi atau keadaan ketika seseorang membeli buku, namun tidak berniat membacanya’. Selain tsundoku, terdapat istilah lain untuk merujuk pada obsesi mengumpulkan buku-meski tidak dibaca ini, yaitu bibliomania. Tak jarang, perilaku in menjadi salah satu bentuk pelarian dirinya dari hubungan sekitar yang tak begitu harmonis. Namun, bisa juga untuk dijadikan sebagai pajangan di rumah.

14. Librocubicularist

Nah julukan terakhir ini tampaknya mengacu kepada banyak pecinta buku, loh? Pernah mendengarnya, Sobat? Ya. Librocubicularist adalah sebutan untuk seseorang yang gemar membaca buku di tempat tidur. Apalagi ditemani setoples cemilan yang tak sadar membuat tubuh semakin melar. Apakah kamu termasuk?

Nah itu tadi berbagai julukan yang bisa disematkan kepada pecinta buku. Banyak banget, kan? Jadi julukan manakah yang sangat menyerupai dirimu? 


Semangat membaca sobat literasi! Yuk ikuti Instagram @bukuberjalan.id untuk mendapatkan ragam informasi, update dan motivasi seputar buku & literasi baca tulis. Ikuti juga @tukarbuku_berjalan untuk bergabung dalam kegiatan tukar buku!

 Kontributor: Yuyun Maulidah

Editor: Evi Syahida


Referensi:

https://www.kompasiana.com/nuni77442/60ec360b15251075297ad572/hobi-baca-ini-macam-julukan-untuk-si-pecinta-buku

https://www.gramedia.com/blog/istilah-pecinta-buku-yang-jarang-diketahui/

https://blog.mizanstore.com/10-istilah-menarik-tentang-buku-yang-perlu-kamu-tahu/

https://www.zawiyahnews.com/2019/09/hobi-membaca-yuk-simak-istilah-istilah.html


19 komentar:

  1. Kalau saya cenderung ke Book Sniffer, selain suka baca buku terus suka nyium bau buku gitu karena wangi ^^

    Ternyata banyak sekali ya julukan-julukan bagi para pembaca buku.

    BalasHapus
  2. Suka banget baru mengetahui julukan untuk penyuka buku. Ternyata banyak sekali julukannya Untuk posting ini saya sangat sulit baca karena background biru itu membuat mata saya tak bisa baca. Jika bisa diganti putih mungkin lebih baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya mau diganti belum jadi jadi. Makasih sarannya Bu Ina.

      Hapus
  3. baru tau ada sebanyak ini ternyata julukan untuk si pembaca buku hehe.. Epeolatry! itu aku banget kayanya hehe

    BalasHapus
  4. saya termasuk nomor 7, book-bosomed

    ngerasa tenang aja kalo bawa buku, agar gak bete selama ngantri atau nunggu

    BalasHapus
  5. Halo mba. Aku baru tahu ini ada banyak banget ya julukan pembaca buku. Aku termasuk yang doyan baca buku di tempat tidur mba. Tapi nggak sambil ngemil. Hehhee

    BalasHapus
  6. Aku masuk kategori logophile nih 😄 informasi yang menarik sekali. Kepo sama sumbernya nih. Bisa bisikkin ke aku?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada referensinya di bagian bawah artikel mbaak hehe.

      Hapus
  7. Wah, aku baru tahu ada julukan bagi pembaca buku, dari semua julukan yang ada, julukan ini cocok deh buat aku, Pertama,Book-bosomed , aku suka banget baca buku ataupun e book di kereta, busway, mengisi hariku saat pergi dan pulang kerja. Kedua, Tsundoku atau Bibliomania, aku juga koleksi buku, bukan gak niat membacanya sih, bukunya pasti aku baca, tapi aku lebih suka mengkoleksinya dlu, hehe

    BalasHapus
  8. Kayaknya aku termasuk bookworm, soalnya suka baca tapi nggak selalu pengin punya bukunya, kecuali beneran buku yang menurutku bagus banget.

    Nah, sebelum punya anak aku juga masuk ke book bosomed, suka banget kemana-mana baca buku. Seringnya juga di KRL pas mau ke kantor. Buat membunuh waktu di perjalanan yang membosankan.

    BalasHapus
  9. Wiss baru pertama kali ini aku dengar istilah julukan pembaca buku kak dan istilahnya keren2 nih kak, jadi bangga aku pake julukannya. Karena dulu itu, yang aku dengarnya ya kutu buku, makin ke sini makin banyak deng yang keren... Aku masuk tipe logophile ni kak...

    BalasHapus
  10. Wah, saya baru tahu kalau ada bermacam macam julukan pada orang yang suka banyak buku. Saya tahunya cuma kutu buku saja sih. Istilahnya juga keren keren ya.

    BalasHapus
  11. Ternyata banyak juga ya julukannya... Beneran aku tahunya hanya kutu buku aja. Kudet banget yah hehe...Aku punya anak yang minat bacanya tinggi banget, mau aku gelarin apa ya...selama ini aku sebut kutu buku aja...

    BalasHapus
  12. Daku sepertinya mengarah ke yang nomor 3 dan 7 wkwkwk.
    Bawa buku buat menemani di perjalanan itu sangat asik

    BalasHapus
  13. Aku baru tahu loh, ada 14 julukan buat pecinta buku. Menarik ya julukannya

    BalasHapus
  14. Ternyata banyak banget istilahnya ya, aku termasuk yang suka mencium aroma buku dan upload buku yang lagi dibaca ( tapi yang ini jarang juga sih, hahaha ). Gak tau deh, aroma buku itu relaxing sih apalagi buku tua

    BalasHapus
  15. wih lengkap banget julukan-julukan untuk pembaca buku.. beberapa sering aku lakukan, seperti suka cium bau buku trus sering foto sampul buka dengan latar yg estetik..

    BalasHapus
  16. Wah ada ya julukan pembaca buku..kalau saya tipikl pembaca buku depan tengah kesimpulan gitu mbak ..trus nanti kalau lagi senggang baru deh saya baca secara urut hehehe tipikial kayak saya gini ga bagus kalik ya

    BalasHapus
  17. Demi Dewa, aku baru tau ada julukan untuk pembaca buku. Julukan itu diberikan berdasarkan isi bukunya juga bukan sih? Heheh. Soalnya ada beberapa buku yang kalau aku tertarik banget nih, mau setebal apapun, ya kayak nonton drakor aja gitu, jalan terus bacanya. Bisa kayak Bibliobobuli juga. Tapi kalau bukunya kurang menggigit di awal, bacanya juga angot-angotan

    BalasHapus

Festival Buku Berjalan: Perayaan 4 Tahun Buku Berjalan dengan Lestarikan Bumi Lewat Literasi dan Aksi

Ada yang spesial di perayaan 4 tahun Buku Berjalan kali ini. Yes … karena Forum Buku Berjalan sebagai komunitas literasi, juga turut serta ...