Minggu, 01 September 2024

Empat Tips Memaksimalkan Manfaat Membaca Untuk Teman Baru

Sobat Buku pernah nggak sih jenuh baca sendirian? Kayaknya seru ya kalo produktif baca buku berjamaah, bareng pecinta buku lainnya. Sharing dan ngobrol sampe lupa waktu. Pernah mengalami, Sobat?

Membaca buku memang punya banyak manfaatnya, loh! Selain memperluas pengetahuan, membaca juga bisa menambah koneksi loh! Gimana sih caranya? Nih, aku spill caranya! Baca sampai habis ya!

Teman dari Media Sosial


Hal pertama yang bisa Sobat Buku lakukan adalah mencari teman melalui Media Sosial. Kamu bisa menulis hasil bacaanmu dan menjadi bookstagram. Selain melatih kreativitas menulismu, kegiatan ini juga bisa menambah teman loh! Mereka yang memiliki hobi sama cenderung mudah berteman, misalnya sesame bookstagram yang suka menulis. Hmm, daripada Instagram kosong melompong, lebih baik kita manfaatkan berbagi ilmu, bukan?

Datang ke Event Literasi


Selain menjadi bookstagram, kamu juga bisa menjalin relasi dengan datang ke event literasi, misalnya temu buku, bicara buku, webinar, tukar buku, dan lain-lain. Di era digital ini, pegiat literasi semakin kreatif dalam menularkan semangat membaca. Kalau kamu kesulitan jarak dan kesibukan, banyak event-event ini yang diadakan online, kok! So, tertarik untuk mencoba?

Ikut Diskusi Online


Kalau menjadi bookstagram dan datang ke event literasi masih kurang menantang, Sobat Buku bisa coba diskusi online juga nih! Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh komunitas pecinta buku (eksternal link komunitas). Selain menambah wawasan kamu, dijamin bakal dapat teman baru.

Join Komunitas Pecinta Buku

Sebagai kegiatan jangka panjang, kamu juga bisa bergabung dengan komunitas buku. Kalaupun Sobat Buku kesulitan mencari komunitas yang cocok, kamu bisa mulai berburu komunitas online loh! Salah satu komuniras daring yang bisa Sobat Buku coba adalah Forum Buku Berjalan (FBB). Masih banyak komunitas seru yang bisa kamu coba loh! Tertarik untuk mencoba?

 

Kontributor: Yuyun Maulidah

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar