Minggu, 28 Juli 2024

Keseruan Temu Buku Offline Chapter Jabodetabek Bersama Forum Buku Berjalan

Jika di bulan Juni lalu Temu Buku Offline hadir untuk menyapa Sobat Buku yang ada di Yogyakarta, bulan Juli ini giliran Sobat Buku Jabodetabek yang kumpul! 

Pekan lalu, tepatnya pada hari Minggu, 21 Juli 2024, Sobat Buku Jabodetabek berkumpul di Taman Literasi di kawasan Blok M untuk berbagi keseruan bersama. 

Ngapain aja sih di Temu Buku kemarin? Yuk ngobrol-ngobrol bareng Kak Visya!



Baca Buku Bareng Sambil Menikmati Minggu Pagi di Taman Literasi Blok M


Temu Buku bulan Juli kali ini masih mengikuti rangkaian acara dari acara Temu Buku sebelumnya, dimana ada 3 agenda utama:

  • Baca Senyap

  • Sharing Bacaan

  • Tukar Buku

Yang jadi highlight dari setiap acara Temu Buku Offline, selain tentunya saling ketemu dan sharing bersama dengan Sobat Buku, adalah sesi Baca Senyap. Di sesi ini, setiap Sobat Buku yang hadir dipersilakan untuk membaca buku bacaannya masing-masing selama kurang lebih 30 menit. 

Yang bikin Temu Buku Offline kali ini jadi memorable banget tentunya adalah pengalaman Baca Senyap di Taman Literasi Blok M di Minggu pagi yang cerah. Rasanya pasti khidmat banget ya, baca buku bareng-bareng di taman kota waktu matahari masih belum tinggi. MinBuk jadi pengen ikutan deh!



Selepas sesi Baca Senyap, ternyata chapter Jabodetabek kebagian agenda tambahan juga nih di luar 3 rangkaian acara utama, yaitu Bedah Buku Me, Myself, and Books.

Sesi ini dibawakan oleh Kak Visya sendiri. Di sini, Kak Visya sharing mengenai insight-insight menarik dari buku Me, Myself, and Books bareng Sobat Buku yang hadir. Sesi Bedah Buku ini memungkinkan Sobat Buku yang hadir untuk saling tukar pikiran juga tentang buku ini.

Sharing Buku Bacaan Sesama Sobat Buku

Setelah sharing tentang buku Me, Myself, and Books oleh Kak Visya, giliran Sobat Buku yang sharing tentang current read masing-masing. Hati-hati ya, sesi ini rawan banget bikin daftar buku bacaan makin numpuk! Gimana enggak, setiap insight yang di-share Sobat Buku di sesi ini beneran menarik-menarik banget!

Kak Visya bilang dari 5 Sobat Buku yang hadir, 4 Sobat Buku sharing tentang buku bacaan nonfiksi, dan 1 Sobat Buku sharing tentang buku bacaan fiksi. Wah, kayaknya Sobat Buku Jabodetabek penggemar nonfiksi ya. Kamu gimana?

Salah satu hasil sharing yang paling berkesan menurut Kak Visya adalah insight dari Kak Jane. Hmm… kira-kira Kak Jane lagi baca buku apa ya?  MinBuk jadi penasaran deh.



Sobat Buku Saling Tukar Buku

Last but not least, sesi Tukar Buku sebagai sesi penutup Temu Buku Offline kali ini  juga nggak kalah exciting. 

Di  sesi ini, Sobat Buku yang hadir bisa saling menukar kepemilikan buku satu sama lain. Tapi nggak sekadar tukeran buku secara gamblang ya. Format dari sesi Tukar Buku ini lebih mirip sama format ‘Blind Date with a Book’ yang Sobat Buku mungkin pernah lihat di media sosial.

Buku yang mau ditukar harus disampul cokelat dan diberi catatan singkat yang mencakup jalan cerita ataupun prompt yang dimiliki buku tersebut. Sobat Buku yang hadir bebas pilih buku yang mau dibawa pulang berdasarkan catatan singkat ini.

Kalau Kak Visya sendiri sih katanya dapat buku Kado Untuk Bangsa dari sesi Tukar Buku kemarin.




Seru banget ya acara Temu Buku Offline bareng Sobat Buku Jabodetabek bulan ini? Jadi nggak sabar buat Temu Buku Offline selanjutnya. Sobat Buku maunya daerah apa nih? Semoga kita bisa ketemuan di Temu Buku offline selanjutnya ya!


Kontributor: Afifah Alifia A.

Editor: Yuyun Maulidah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rekomendasi 6 Tempat Bersantai yang Edukatif Ibukota: Gratis Loh!

Libur tlah tiba.. Libur tlah tiba... Mungkin itulah yang akan terlintas di benak sobat buku saat libur panjang seperti ini, bukan? Hmm, kira...