Kamis, 01 Agustus 2024

Kumpulan Fabel Lukisan Persahabatan Kintani Dibahas Di Bicara Buku FBB

Kumpulan Fabel Lukisan Persahabatan Kintani bisa dibaca sejak usia berapa sih? Bukunya menghadirkan dongeng fabel semacam apa sih?

bahas buku fabel lukisan persahabatan kintani

Waktu sesi Bicara Buku yang mengulas tentang buku kumpulan dongeng satu ini, MinBuk pun turut bertanya-tanya di dalam hati. Lalu … bisikan lain pun mampir dalam benak MinBuk nih. Hmm … nampaknya kumpulan dongeng yang diperbincangkan oleh Kak Chaca dan Kak Marisa ini bisa banget jadi salah satu bahan bacaan bersama adik atau si kecil demi meningkatkan literasi anak dengan mendongeng dan membaca nyaring.

Jadi … sini deh, MinBuk ceritakan tentang sesi Bicara Buku yang sudah berlangsung di grup Forum Buku Berjalan pada 27 Juli 2024 lalu.

Tentang Buku Kumpulan Fabel Lukisan Persahabatan Kintani

Buku ini merupakan sebuah buku kumpulan dongeng yang lahir dari sebuah pelatihan menulis dongeng fabel. Berjudul Lukisan Persahabatan Kintani, karena diambil dari salah satu cerita terbaik dari beberapa cerita terbaik lainnya yang lulus proses kurasi. Nah, Lukisan Persahabatan Kintani ini adalah judul cerita dongeng fabel yang ditulis oleh kak Nabila Arifani.

bicara buku dongeng fabel anak

Berkisah tentang Kintani seekor kucing yang kekurangan koin emas untuk membeli kado gaun cantik sebagai hadiah ulang tahun Putri Angela. Kintani yang sedih mencoba untuk mencari penghiburan ke rumah Eli si gajah, kemudian Kintani diajak untuk melukis.

Eli si Gajah melukis dengan belalainya dan Kintani memiliki ide cemerlang untuk melukiskan kaki Kintani serta teman-teman binatang lainnya di atas kanvas, untuk kemudian diberikan pada Putri Angela sebagai hadiah ulang tahun. Lalu apakah lukisan Kintani dan kawan-kawan binatangnya berhasil? Kemudian, apakah Putri Angela akan menyukai lukisan Kintani?

Nah, jawabannya hanya ada di dalam buku dongeng fabel Lukisan Persahabatan Kintani Ini. Kemudian, selain cerita tentang Kintani dan teman-teman binatangnya, ada apa lagi di dalam buku ini?

Terdapat kurang lebih 30 cerita lainnya di dalam buku dongeng fabel ini. Nah, salah satu penulis dalam buku kumpulan dongeng fabel ini, tentu saja Kak Chaca.

Aih … MinBuk jadi bangga deh. Forum Buku Berjalan bukan hanya berisi para pembaca yang giat menyuarakan soal pentingnya literasi sehingga turut tergabung dalam komunitas buku, melainkan juga diisi oleh para penulis buku.

Maka dari itu, sesi Bicara Buku bersama Kak Marisa kali ini, termasuk spesial nih buat MinBuk. Sebab Sobat Buku juga bisa dapat cerita mengenai proses lahirnya buku fabel Lukisan Persahabatan Kintani secara langsung dari salah satu penulisnya.

Identitas Buku Lukisan Persahabatan Kintani

Judul Buku          : Lukisan Persahabatan Kintani (Kumpulan Dongeng Fabel)

Penulis                 : Nabila Arifani Arizka, dkk.

Editor                    : Khanafi

Penerbit              : SIP Publishing

daftar isi buku dongeng fabel lukisan persahabatan kintani sip publishing
Dokumen pribadi Kak Chaca

Proses Lahirnya Buku Dongeng Fabel Lukisan Persahabatan Kintani

Lewat cerita Kak Chaca bersama Kak Marisa, MinBuk jadi tahu kalau kumpulan dongeng ini awal kemunculannya bermula dari program kelas menulis fabel dan lomba fabel yang diselenggarakan oleh SIP Publishing dan Ibu Watiek Ideo.

Programnya sendiri sudah terlaksana pada 23 Desember 2023 untuk kelas menulisnya, serta 25 Desember - 15 Januari 2024 untuk pelatihan dan pengiriman karya fabel. Setelah itu, semua karya yang masuk melalui tahapan kurasi selanjutnya memasuki proses terbit.

Dari kelas menulis tersebut, tercipta 4 buku dongeng fabel, salah satunya Lukisan Persahabatan Kintani yang di dalamnya juga terdapat karya Kak Chaca yang berjudul “Bilang Apa, Bilang Apa.”

Tuh kan, MinBuk auto makin penasaran nih sama karya dongeng fabel yang ditulis oleh Kak Chaca. By the way nih Sobat Buku, buku kumpulan fabel terbitan SIP Publishing yang jadi bahan obrolan antara Kak Marisa dan Kak Chaca kali ini, bisa dibaca untuk anak sejak jenjang B3 atau anak pada rentang usia 8 – 10 tahun hingga seterusnya.

Nah, ada lagi yang spesial sepanjang Bicara Buku Kumpulan Fabel Lukisan Persahabatan Kintani kali ini. Apalagi kalau bukan Kak Chaca yang ikut memberikan tips bagi Sobat Buku yang mungkin juga tergoda untuk belajar menulis cerita anak. Eh … apa benar kalau menulis karya yang dikhususkan bagi usia anak-anak begini, termasuk nggak mudah?

Sedikit Pengetahuan Tentang Menulis Cerita Anak dari Kak Chaca

Dari pelatihan menulis buku dongeng fabel yang akhirnya membawa nama Kak Chaca masuk dalam jajaran penulis dari buku kumpulan dongeng fabel Lukisan Persahabatan Kintani ini, rupanya ada banyak sekali ilmu tentang kepenulisan buku cerita khusus anak-anak – terutama mengenai fabel – yang Kak Chaca dapat.

Mulai dari bagaimana cara menentukan tema, mencipta tokoh, menetapkan karakter tokoh dari beberapa dimensi, hingga membuat alur cerita. Wah … Sobat Buku juga bisa nih mencari tahu tentang kelas yang diselenggarakan oleh SIP Publishing kalau kamu tergoda untuk bisa berkarya seperti Kak Chaca.

Kak Chaca sampai berkelakar lho, bila sebelumnya ia terpikir kalau menulis cerita anak akan sama saja dengan menulis fiksi remaja. Eh … ternyata, menulis buku cerita anak itu tantangannya berbeda dengan menulis fiksi untuk usia yang lebih besar lho.

Kalau MinBuk renungkan sih, tentu saja tingkat kesulitannya akan berbeda. Kak Chaca yang ngobrol dengan Kak Marisa pun menyuarakan rasa yang sama soal ini.

Nah, dari pesan Kak Chaca nih, Sobat Buku, ada hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan buku cerita anak. Mulai dari :

  • Kita perlu mengenali dunia anak, bahwa anak memiliki emosi yang bervariasi, bahwa imajinasi anak kuat, bahwa anak adalah peniru ulung, juga mengenali tahap perkembangannya.
  • Kita juga perlu mengetahui segmen membaca pada anak.
  • Tahapan selanjutnya baru masuk seperti menulis cerita fiksi remaja : mencari ide, menyusun tokoh dan menentukan karakter berdasarkan 3 dimensi (fisik, sifat, lingkungan), menyusun alur dan konflik dalam cerita, serta tahap revisi.

Hanya saja, terdapat catatan penting ketika kita menulis buku cerita untuk anak. Yaitu dengan kalimat yang mudah dipahami anak serta kehati-hatian dalam mendeskripsikan sesuatu. Demikianlah apa yang Kak Chaca sampaikan.

Bagi Sobat Buku yang penasaran lebih jauh mengenai proses yang Kak Chaca jalani hingga akhirnya buku kumpulan dongeng fabel Lukisan Persahabatan Kintani ini lahir, bisa berkunjung ke akun Kak Chaca yang secara gamblang membahas tentang pengalaman kelas menulis fabel yang Kak Chaca ikuti.


Kontributor         : Akarui Cha

Editor                    : Yuyun Maulidah, Visya Albiruni


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rekomendasi 6 Tempat Bersantai yang Edukatif Ibukota: Gratis Loh!

Libur tlah tiba.. Libur tlah tiba... Mungkin itulah yang akan terlintas di benak sobat buku saat libur panjang seperti ini, bukan? Hmm, kira...