Jumat, 28 Juli 2023

Lebih Fokus Membaca dengan Membaca Sadar: Liputan Kelas Buku "Mindful Reading & Writing"

 


Pernahkah kamu bertanya-tanya, mengapa orang lain memiliki banyak prestasi? Mereka masih bisa produktif di berbagai kegiatan di sela kesibukan sehari-hari, baik itu kuliah maupun bekerja. Satu per satu prestasi mereka muncul dengan bangga. Hal ini terkadang membuat seseorang insecure dan merasa tertinggal. Kira-kira apa ya rahasia mereka?


Topik ini menjadi obrolan menarik yang diusung oleh Forum Buku Berjalan Indonesia dalam webinar berjudul Mindful Reading And Writing bersama Zaneti Sugiharti. Beliau merupakan seorang mindfulness practitoner sekaligus penulis buku berjudul Mindful Parenting. 




Dipandu oleh Evi Syahida atau akrab disapa Visya selaku founder Forum Buku Berjalan, webinar ini dihadiri oleh belasan peserta yang berasal dari masyarakat umum.



Webinar yang dilaksanakan melalui daring pada Minggu, 7 Juni 2023 ini berjalan tepat waktu. Forum berjalan dua arah dengan berbagai obrolan menarik tentang permasalahan tersebut. Setelah sesi berbagi oleh narasumber, peserta diajak untuk melakukan praktik mindful reading yaitu membaca dengan sadar penuh dan tanpa distraksi selama lima menit. Dilanjutkan dengan sesi berbagi pengalaman oleh peserta. Setelahnya, narasumber mengajak peserta juga mempraktikkan mindful writing dengan mengamati sekitar lalu menuliskannya. 



Beberapa peserta turut diperkenankan untuk membagi cerita mereka masing-masing dan diakhiri dengan tanya jawab. Berlangsung selama 120 menit, kegiatan ini membahas hingga tuntas mengenai cara mengelola pola pikir seseorang agar tidak overthinking. Bahkan, pembicara mengajak peserta untuk praktik langsung dalam melatih pengelolaan stress.

Menurut Zaneti Sugiharti, banyak orang tidak menyadari potensi mereka karena terlalu banyak berpikir. Tanpa mereka sadari, proses berpikir ini akan menguras banyak energi dan menimbulkan rasa lelah. Hal ini berdampak pada tingkat produktivitas menurun. Oleh karena itu, seseorang perlu untuk memahami potensi diri melalui proses berpikir.   

Salah satu kendala dalam membaca adalah fokus pada bacaan, padahal hal ini penting agar kita memahami isi buku. Begitu pun saat seseorang menulistermasuk menulis review buku yang telah mereka baca. 



Dengan adanya kegiatan produktif seperti ini, Visyaselaku ketua Forum Buku Berjalan berharap peserta dapat menerapkan mindfulness ini agar semakin enjoy dalam menjalani keseharian. Tak hanya itu, penerapan mindfulness ini juga akan membantu seseorang lebih produktif.


Di akhir sesi webinar, narasumber berterima kasih kepada para peserta yang sudah berkenan mencoba sesi praktik dan berbagi pengalamannya.

"Menjadi pengamat bagi diri kita, sesederhana apapun itu jauh lebih baik daripada tidak." ungkap Zaneti menutup sesi webinar.

 Kontributor: Yuyun Maulidah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bicara Buku bareng FBB: Sebuah Seni untuk Damai dan Bahagia di Hati karya Made Suwenten dan Indra Dewanto.

Buku Berjalan Indonesia kembali mengajak anggotanya untuk mendiskusikan bahan bacaan. Kali ini, kak Rahmah sebagai narasumber, memaparkan ul...