Kamis, 14 Desember 2023

Review Buku “Finding Ikigai in My Journey”



Forum Buku berjalan kembali menghadirkan kegiatan bicara buku yang diadakan pada Minggu, 10 Desember 2023 pukul 19.00 WIB. Bicara Buku kali ini membahas tentang buku berjudul Finding Ikigai In My journey karya Vita Wahid. Sebagai pembicara, Mbak Rahmah menjelaskan bahwa buku ini didefinisikan sebagai hidup yang memiliki arti, makna, atau tujuan.


Spesifikasi Buku



📖Finding Ikigai In My Journey

🧕Vita Wahid

📇Elex Media Komputindo

🗓️ 2023

📑164 halaman

Desksripsi Buku

Ikigai adalah sebuah konsep hidup Jepang tentang menjalani kehidupan dengan penuh tujuan dan arti. Konsep tersebut beberapa tahun belakangan menjadi cukup popular di dunia. Sebagian orang mengartikan menjalani ikigai artinya bisa meraih kesuksesan dan kebahagiaan sejati dalam hidup. Padahal sebenarnya, ikigai sangat bisa dirasakan dalam keseharian tanpa perlu dikaitkan dengan sebuah pencapaian. Bahkan, dalam situasi hidup yang sedang tidak berpihak kepada kita, ikigai dapat membantu kita untuk tetap menjalani hidup dengan bermakna. Finding Ikigai in My Journey mengajak kita untuk mengenal konsep ikigai melalui teori dari 7 kebutuhan psikologis ikigai yang digagas oleh Mieko Kamiya, seorang psikiatris Jepang, yang juga disebut sebagai ‘ibu ikigai’. Tidak hanya berisi teori belaka, tetapi pemahaman tentang teori ikigai ini dituangkan dalam sebuah perjalanan yang akan membawa kita mengunjungi beberapa kota di Jepang. Buku ini juga dilengkapi dengan ruang bagi para pembaca untuk bisa merefleksikan diri dan beberapa contoh pengaplikasian nyata ikigai dalam kehidupan sehari-hari di Indonesia.

Penulis mengajak kita agar berani mempelajari keahlian baru, berbincang dengan orang di luar lingkaran terdekat, mencoba sesuatu yang baru seperti makanan atau gaya berpakaian, yang akan membawa kita keluar dari zona nyaman serta rutinitas, sehingga memberikan warna perubahan pada hidup dan memungkinkan kita untuk berkembang. 

Penulis buku ini pernah beberapa tahun tinggal di Jepang dan mengambil kursus sebagai certified ikigai coach melalui program yang diselenggarakan oleh Ikigai Tri-be Australia yang dijalankan oleh Nicholas Kemp.

Ikigai didefiniskan sebagai hidup yang memiliki arti, makna, atau tujuan. Akihiro Hasegawa, Ph.D. seorang associate professor dari Universitas Toyo Eiwa mendefinisikan ikigai sebagai kebahagiaan atau kebermaknaan yang dirasakan dalam keseharian hidup, dan akan membantu kita untuk terus merasa optimis menjalankan hari-hari ke depan.

Professor Akihiromelakukan sebuah penelitian mengenai Ikigai pada tahun 2001 dan menjadikan Ikigai sebagai konsep hidup sehari-hari di Jepang.

Buku ini ditulis berdasarkan hasil pembelajaran penulis dengan ikigai melalui pengalaman dan berinteraksi dengan orang Jepang. Ditunjang dengan buku-buku sebagai referensi, keikutsertaan pada program Ikigai Coach yang diselenggarakan oleh Ikigai Tribe bersama Coach Nick Kemp, juga hasil wawancara dengan keluarga, klien dan sahabat yang asli orang Jepang.

Buku ini juga menyinggung tentang Kaizen, yaitu konsep yang banyak dipakai di perusahaan Jepang untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.

Kelebihan buku ini juga terletak pada kemampuan story telling dan deskripsi yang rinci sehingga buku ini tidak terkesan berat saat dibaca karena contoh-contoh yang disampaikan penulis memang diambil dari pengalaman orang-orang disekitarnya.

Di setiap akhir bab juga disediakan halaman-halaman kontemplasi yang harus kita isi. O ya, bab-bab dalam buku ini berjumlah tujuh bab sesuai dengan  tujuh elemen kebutuhan manusia menurut Mieko Kamiya yang akan membantu seseorang untuk bisa mengeksplorasi ikigai. Sehingga bab-bab tersebut pun juga tidak perlu dibaca secara berurutan.




Kamiya adalah salah satu akademisi pertama yang mempelajari ikigai secara ekstensif. Buku penting miliknya,  Ikigai-ni-Tsuite (Tentang Ikigai), masih dianggap sebagai referensi standar oleh para peneliti, profesor, dan psikolog kontemporer Jepang, meskipun telah diterbitkan lebih dari setengah abad yang lalu, pada tahun 1966.

Tujuh Hal Menjalani Ikigai

Tujuh hal sederhana yang bisa dipraktikkan untuk bisa mengenali dan menjalani ikigai:

1. Mulailah pagi hari dengan mensyukuri dan mengapresiasi apa yang kita miliki

2. Cobalah hal-hal baru dengan rasa penasaran

3. Cobalah membuat tujuan-tujuan jangka pendek, jangka panjang, maupun harian

4. Habiskan waktu dengan mereka yang menerima kita apa adanya, memberikan rasa positif, dan berikan diri kita yang terbaik untuk mereka

5. Buatlah keputusan dan pilihan dalam keseharian dengan kesadaran

6. Jangan ragu untuk menemukan keunikan dalam diri

7. Refleksikan apa makna dari hidup ini

Buku cocok dibaca bagi kalian yang tertarik dengan filosofi orang jepang dan ingin mendalami konsep ikigai. Salm literasi!


Kontributor: Rahmah

Editor: Yuyun Maulidah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bicara Buku bareng FBB: Sebuah Seni untuk Damai dan Bahagia di Hati karya Made Suwenten dan Indra Dewanto.

Buku Berjalan Indonesia kembali mengajak anggotanya untuk mendiskusikan bahan bacaan. Kali ini, kak Rahmah sebagai narasumber, memaparkan ul...