Minggu, 30 Juni 2024

KELAS BUKU: MENCARI CUAN DARI MENULIS BLOG. APAKAH MASIH WORTH IT?

Setelah sebelumnya mengadakan kelas buku tentang bookfluencer, Forum Buku Berjalan kembali membuka kelas Buku dengan topik "Belajar Menulis dan Mencari Cuan Lewat Blog". Kegiatan ini diadakan pada Minggu, 23 Juni 2023 melalui Zoom Meeting. Tujuannya adalah untuk mengajak generasi muda untuk mulai menulis. FBB mengundang Ghina Rahmatika, seorang Blogger yang bisa disapa melalui akun @neenarahma.


Dokumentasi Pribadi FBB


Apa sih Blog itu?


Mungkin Sobat Buku masih asing dengan istilah satu ini. Blog adalah proses membuat konten berupa tulisan, kumpulan foto, dan bentuk lainnya yang akan dipublikasikan dalam Blog. Bagi kak Ghina, Blog itu ibarat rumah. Kita bisa menuangkan isi kepala, memberikan nilai, menunjukkan diri kita, dan tidak akan hilang selama Blog masih ada.

Di era banyaknya media sosial yang sedang viral, Blog harus bersaing dengan Platform lain seperti Instagram, TikTok, YouTube, dengan keunggulan visualnya. Apalagi, banyaknya AI pembuatan konten yang mulai bermunculan.  Kira-kira masih worth it gak ya menulis di Blog?

Tenang saja, Sobat Buku! Buat kamu yang masih ragu, menulis Blog masih memiliki banyak keuntungan loh! Apa saja sih? Yuk kita bahas bareng kak Ghina!

Dokumentasi Pribadi FBB


Melatih Kreativitas dalam Menulis

Keunggulan pertama menulis di Blog adalah memiliki wadah untuk menuangkan kreativitas dan ide-ide yang terpikirkan. Kita bisa mengamati hal-hal sederhana sebagai modal menulis, misalnya kesan saat membaca sebuah buku. Uniknya, tulisan ini akan tetap ada selama Blog masih ada.  Sederhana. Tapi sangat bermanfaat sebagai amal Jariyah, bukan?

Personal Branding

Tulisan yang tertera di Blog bisa menjadi branding diri juga loh! Kita tidak perlu bersusah payah menjelaskan siapa kita, namun orang lain bisa mengenali kita melalui tulisan-tulisan tersebut. Branding sangat diperlukan untuk pekerjaan yang mengutamakan kreativitas, misalnya content creator, writer, copywriting, seo blogger, desain grafis, dan lain-lain.



Dokumentasi Pribadi FBB

Blog Menawarkan Banyak Pilihan

Blog termasuk platform yang banyak diminati karena memiliki banyak pilihan. Para penulis bisa memilih Blog yang mereka minati sesuai kebutuhan. Beberapa Blog yang bisa dipilih adalah Medium, Tumblr, Wordpress, Blogspot. Fakta unik lainnya, kita juga bisa belajar bahasa Asing melalui Blog, misalnya menulis konten berbahasa Inggris, melalui Medium dan mencari relasi penulis asing di sana.



Dokumentasi Pribadi FBB

Menghasilkan Cuan melalui Tulisan

Ternyata, ada keunggulan menarik lain yang bisa ditawarkan melalui Blog, yaitu mendapatkan cuan. Loh, kok bisa?

Berdasarkan penjelasan kak Ghina sebagai narasumber, ada beberapa pilihan untuk menghasilkan cuan dari Blog, misalnya melalui Kerjasama, Affiliate Link, Layanan Web (sosiago, seedbackline, rajabacklink, dll), mengisi form, content placement, syarat DA ( domain authority) atau PA (page authority), dan sponsor ataupun media partner. 

Menurut kak Ghina, tantangan terbesar penulis Blog adalah menghasilkan karya Organik. Bagi penulis senior seperti kak Ghina, beliau pun masih kesulitan untuk fokus ke karya tanpa melihat cuan yang datang. Sehingga, kita perlu memilah tawaran cuan yang sesuai dan membatasinya agar pembaca tetap nyaman saat berkunjung.


Diakhiri dengan Praktik Menulis Peserta

Setelah pemaparan menarik tersebut, peserta antusias untuk melakukan diskusi langsung. Mereka juga ditantang untuk mulai menulis minimal 500 kata sesuai kreativitas mereka. Tulisan itu diharapkan dapat menumbuhkan konsistensi peserta dalam menulis.


Gimana, Sobat Buku? Tertarik untuk mencoba?


Kontributor: Yuyun Maulidah
Editor: Akarui Cha dan Visya Al Biruni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rekomendasi 6 Tempat Bersantai yang Edukatif Ibukota: Gratis Loh!

Libur tlah tiba.. Libur tlah tiba... Mungkin itulah yang akan terlintas di benak sobat buku saat libur panjang seperti ini, bukan? Hmm, kira...