Minggu, 21 Juli 2024

Tertarik Jadi Pustakawan? Empat Fakta Menarik Wajib Kamu Tahu

Saat Sobat Buku mendengar istilah Pustakawan, apakah yang terlintas di benakmu? Perpustakaan? Yap. Kamu tentu tidak asing dengan profesi yang sering kita dengar sejak sekolah ini bukan? Apalagi untuk kamu yang hobi membaca di perpustakaan.


Sobat buku tahu gak sih apa itu Pustakawan? Yuk kita bahas bersama!

https://bukuberjalanindonesia.blogspot.com/2024/07/Fakta-Menarik-Jadi-Pustakawan.html?m=0

Mengenal Pustakawan, si Pengelola Perpustakaan

Menurut UU RI NO.43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, disebutkan bahwa Pustakawan adalah seseorang yang memiliki kompetensi yang diperolehnya melalui pendidikan dan pelatihan kepustakawanan, serta memiliki tanggung jawab untuk pengelolaan dan pelayanan perpustakaan.

 
https://bukuberjalanindonesia.blogspot.com/2024/07/Fakta-Menarik-Jadi-Pustakawan.html?m=0

Tugas dan Tanggung Jawab Pustakawan

Tugas pustakawan ternyata tidak hanya menjaga perpustakaan loh! Mereka juga harus melakukan kodefikasi dan administrasi di perpustakaan; mengorganisir event, penjualan buku, dan narahubung penulis; mengelola budgeting, perencanaan, dan aktivitas karyawan perpustakaan; membantu pengunjung mencari referensi yang dibutuhkan; Menjaga koleksi perpustakaan agar tetap bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Wah banyak sekali ya tanggung jawab pustakawan!

Mengingat peran dan tanggung jawab tersebut, masih worth it gak ya bergelut di bidang itu?


https://bukuberjalanindonesia.blogspot.com/2024/07/Fakta-Menarik-Jadi-Pustakawan.html?m=0

Peran Pustakawan di Era Modern

Pustakawan ibarat nyawa terpenting bagi keberlangsungan sebuah perpustakaan. Apalagi perpustakaan berbasis digital memerlukan pustakawan yang kreatif dan melek teknologi.

Bagi kamu yang tertarik di bidang ilmu perpustakaan, kamu bisa bekerja di lembaga pemerintah. Dalam lingkup tersebut, jenjang karier pustakaan berawal dari tenaga teknis hingga kepala perpustakaan.

Tak hanya itu, kamu juga bisa bekerja di perpustakaan sekolah, lembaga hukum, perusahaan atau museum. Pustakawan juga akan memberi bantuan dalam melakukan penelitian pada anggotanya.


https://bukuberjalanindonesia.blogspot.com/2024/07/Fakta-Menarik-Jadi-Pustakawan.html?m=0

Suka Duka Jadi Pustakawan

Melansir dari Rencanamu, pekerjaan ini sangat menyenangkan bagi kamu yang mencintai dunia buku. Kamu bisa membaca buku untuk menghabiskan waktu saat perpustakaan sepi. Kalau sedang ramai, kamu juga bisa mendapatkan relasi baru. Namun, tak jarang kita akan menemukan pengunjung yang sulit diatur. Apalagi perkembangan teknologi menuntut seorang pustakawan kreatif dan melek digital.

Gimana Sobat Buku? Masih tertarik menjadi seorang pustakawan? Tulis komentarmu di bawah ya, Sobat Buku! Happy Weekend!

Kontributor: Yuyun dan Yunita


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rekomendasi 6 Tempat Bersantai yang Edukatif Ibukota: Gratis Loh!

Libur tlah tiba.. Libur tlah tiba... Mungkin itulah yang akan terlintas di benak sobat buku saat libur panjang seperti ini, bukan? Hmm, kira...