Kamis, 09 Mei 2024

Festival Buku Berjalan: Perayaan 4 Tahun Buku Berjalan dengan Lestarikan Bumi Lewat Literasi dan Aksi



Ada yang spesial di perayaan 4 tahun Buku Berjalan kali ini. Yes … karena Forum Buku Berjalan sebagai komunitas literasi, juga turut serta menyuarakan semangat peduli Bumi.

Seperti apa sih keseruan acaranya? Yuk, MinBuk ajak kamu berkeliling untuk cari tahu. 



Dokumentasi acara: foto semua peserta di akhir acara


Semangat Forum Buku Berjalan Dalam Gerakan Literasi Peduli Bumi


#BukuBerjalanuntukBumi. Lewat kalimat yang disulap menjadi tagar di platform Instagram ini, semangat literasi peduli Bumi diembuskan dalam rangka #BukuBerjalan4tahun. 

Bertepatan dengan perayaan Hari Buku Sedunia yang selalu jatuh pada tanggal 23 April,  Forum Buku Berjalan pertama kali berdiri pada tahun 2020. Di hari jadinya yang ke-4 tahun ini, Forum Buku Berjalan menyelenggarakan Festival Buku Berjalan. Untuk memeriahkannya, diselenggarakan Bedah Buku "Ekoloterasi: Literasi Dasar yang Terlupakan" karya Riyan Rosal Yosma Oktapyanto, M. Pd lewat Instagram live pada 16 April 2024 

Selain itu, diadakan juga Ulas Buku Challenge di sepanjang bulan April 2024. Tentu saja, buku yang diulas oleh anggota maupun non anggota dari Forum Buku Berjalan (FBB) bertema lingkungan.

Permulaan keseruan perayaan 4 tahun Buku Berjalan dipilih pun, makin semarak sebab pada bulan April, bukan hanya karena Forum Buku Berjalan memang lahir di bulan ini, melainkan juga sebab ada Hari Buku Sedunia yang bergandengan bersama Hari Bumi Sedunia. Pas sekali untuk ikut menyuarakan semangat para pembaca yang juga punya semangat ekoliterasi kan ya? 

Tak hanya sampai ke tahap mengajak anggota maupun non anggota FBB untuk menampilkan ulasan dari buku bertema lingkungan yang mereka baca, FBB juga mengajak sesiapa saja yang ingin merekomendasikan bahan bacaan bertema lingkungan melalui Reels Challenge.

Banyak ya kegiatan yang MinBuk gelar di sepanjang bulan April? Apakah kamu salah satu yang ikutan juga?

Tak berhenti hingga di penghujung April saja, sebagai bentuk syukur atas terus berkembangnya Forum Buku Berjalan sehingga keberadaannya mampu menginjak tahun keempat, FBB lewat event Festival Buku Berjalan, menghadirkan puncak acara anniversary keempatnya di Gramedia Matraman pada hari Minggu, 5 Mei 2024 lalu.


Dokumentasi acara: peserta dan talkshow di festival buku berjalan Gramedia Matraman


Meriahnya Puncak Perayaan 4 Tahun Buku Berjalan


Bertempat di Function Room Gramedia Matraman Jakarta pada Minggu, 5 Mei 2024, event puncak Festival Buku Berjalan diadakan. Semenjak pukul 9 pagi hingga 3 sore, antusias peserta yang hadir sungguh luar biasa. MinBuk sampai terpana.

Acara ini dimulai dengan sesi talkshow yang menghadirkan para narasumber yang juga bergerak di ranah lingkungan. Mulai dari : 
  • Dewi Indriyani, seorang Eco Content Creator dan Praktisi Minim Sampah
  • Via Apriyani, Penulis Buku “Suistable Me
  • Evi Syahida, selaku inisiator dari Forum Buku Berjalan yang juga banyak menyuarakan tentang ekoliterasi ala gaya hidup minimalis.

Talkshow di Festival Buku Berjalan ini mengangkat tema besar “Membangun Literasi Peduli Bumi : Lestarikan Bumi Lewat Literasi dan Aksi” yang dimoderatori oleh salah satu anggota dari Forum Buku Berjalan yang juga merupakan seorang pembelajar di Kebun Komorebi, Jade S Petroceany. Bukan hanya itu, ada MC seru yang buat acara berjalan makin semarak, yaitu Luqman Al Kahfie.

Dokumentasi Acara: Talkshow Festival Buku Berjalan

Tak berhenti pada sesi meraup pengetahuan dari narasumber yang memang bergerak dalam bidang ekoliterasi peduli Bumi tadi, Festival Buku Berjalan juga dimeriahkan oleh kegiatan yang memang menjadi ciri khas dari komunitas Forum Buku Berjalan yaitu Tukar Buku.  Kegiatan ini juga diselenggarakan di lokasi yang sama.

Diawali dengan sesi Tukar Buku Spesial dan Drop Box Buku yang berkolaborasi dengan Jakarta Book Hive, keseruan Festival Buku Berjalan perayaan 4 tahun hadirnya komunitas Buku Berjalan diadakan. Peserta yang hadir sudah membawa buku masing-masing yang akan ditukarkan dengan buku yang dibawa oleh peserta lainnya.

Kemeriahan bertambah dengan taburan doorprize dari para sponsor kegiatan yang menuai kebahagiaan para peserta dan tentunya juga panitia. 

Dokumentasi acara: tukar buku dalam Festival Buku Berjalan

Biasanya, sesi Tukar Buku di Forum Buku Berjalan dilakukan secara daring. Maka kali ini jadi spesial sebab dilangsungkan luring. Selain itu, adanya Drop Box Buku pun memberi kesempatan bagi para pencinta buku lainnya untuk turut memperpanjang umur dari buku bacaan yang mereka miliki dengan memindahkan kepemilikannya kepada penyuka buku lainnya. Inilah sepotong semangat ekoliterasi yang selama ini dibawa oleh FBB.


Dokumen Acara: Temu Buku

Kemudian, sesi penutup yang juga merupakan kegiatan khas dari Forum Buku Berjalan dilangsungkan. Apalagi kalau bukan Temu Buku. Lagi lagi, kegiatan ini jadi spesial sebab dilaksanakan sebagai acara penutup.

Layaknya acara Temu Buku yang biasa dihadirkan oleh FBB setiap bulannya, di event anniversary keempat kali ini, sesi baca buku bersama tentunya hadir juga. Kegiatan yang bukan hanya mengajak untuk duduk bersama dan membaca buku yang dibawa, melainkan ada juga sesi sharing dari buku yang tadi dibaca dan dilanjut pula dengan sesi diskusi ringan. 

Dukungan untuk Perayaan 4 Tahun Buku Berjalan


Terselenggaranya Festival Buku Berjalan sejak awal bulan April hingga puncaknya di awal bulan Mei 2024 lalu, tak mungkin terwujud tanpa dukungan penuh dari berbagai pihak. Di sini, MinBuk mewakili segenap tim yang terlibat mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya bagi sponsor, media partner, dan komunitas yang turut tergerak untuk menyampaikan semangat ekoliterasi bersama dengan Forum Buku Berjalan.

Acara ini disponsori oleh Noura Publishing, Aplikasi Cabaca, dan Color Groove. Dukungan juga diberikan oleh Rumah Literasi, Gramedia Matramans, Asinan Matramans, Kompas, Zona Aktivitas, Paroba, Zero Waste, Belajar Zero Waste (BZW), Paboba, Jakarta Bookhive, Cleanomic, Metafor, Tri Circle, Eco Creator dan INAnews.




Dokumentasi Pribadi: List sponsor + community + media partner

Sungguh luar biasa semarak perayaan 4 tahun Buku Berjalan yang kemarin sudah berlangsung. Semoga di tahun keempat kehadirkan FBB, bisa terus menjadi wadah yang mampu merangkul setiap pembaca, penyuka buku di tanah air. Tentunya juga bisa ikut menggerakkan ekoliterasi dengan berbagai kegiatan utama yang selama ini dilakukan dalam Forum Buku Berjalan itu sendiri.

Sampai jumpa di perayaan anniversary kami di tahun depan. Doakan Buku Berjalan selalu jadi tempat nyaman untuk menyuarakan kampanye #JalaninBukumu dan penguatan betapa membaca buku itu menyenangkan. Kamu juga bisa mengunjungi media sosial FBB untuk menemukan keseruan lainnya. Salam literasi!

Kontributor: Akarui Cha
Penyunting: Yuyun Maulidah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rekomendasi 6 Tempat Bersantai yang Edukatif Ibukota: Gratis Loh!

Libur tlah tiba.. Libur tlah tiba... Mungkin itulah yang akan terlintas di benak sobat buku saat libur panjang seperti ini, bukan? Hmm, kira...