Jumat, 24 Mei 2024

Temu Buku Yogyakarta, Kolaborasi Forum Buku Berjalan dan Trash Hero: Selamatkan Bumi dengan Minim Plastik

Masih seputar #BukuBerjalanuntukBumi, Forum Buku Berjalan (FBB) turut serta merayakan hari buku nasional, salah satunya menggelar temu buku offline di Yogyakarta. Acara  ini dilakukan kamis, 23 Mei 2024 di Wisdom Park UGM. Tujuannya untuk menumbuhkan rasa empati terhadap lingkungan melalui bahan bacaan. Dengan mengusung tema 'Menyelamatkan Bumi, Mengurangi Plastik', acara ini diikuti oleh 12 peserta dari berbagai kalangan. 


Menumbuhkan Rasa Peduli terhadap Alam


Sesuai dengan topik lingkungan yang diambil, Forum Buku Berjalan mengundang kak Khairani Fitri K, sebagai narasumber. Beliau adalah volunteer Trash Hero sekaligus pengurus divisi program Trash Hero Chapter Jogja. Beliau juga menekankan pentingnya memilah bacaan yang dikonsumsi, karena buku yang kita konsumsi dapat memengaruhi pola pikir pembaca secara tidak langsung, dalam hal ini kesadaran mereka terhadap lingkungan. Dipandu oleh Kak Angger sebagai moderator, temu buku ini terlaksana dengan baik. Peserta antusias dan interaktif dalam mengikuti rangkaian kegiatan temu buku ini. 

Belajar Bersama sambil Bermain


Kemeriahan bertambah dengan adanya mini games yang telah disusun panitia. Seluruh peserta turut serta dalam memungut sampah plastik yang ditempeli secarik kertas. Kertas itu akan dituliskan judul buku dan diletakkan ke kotak undian, sedangkan sampah plastik akan dibuang. 

 Kebahagiaan tersebut dilanjutkan dengan sesi silent-reading, yaitu membaca buku bacaan yang dibawa. Kegiatan yang bukan hanya mengajak untuk duduk bersama dan membaca buku yang dibawa, melainkan ada juga sesi sharing dari buku yang tadi dibaca. 

Diskusi Ringan dan Sharing Makanan

Kegiatan ini ditutup dengan diskusi ringan dan sharing makanan yang dibawa oleh peserta. Moderator mengundi nama-nama yang berkesempatan membagikan isi dari bacaan mereka. Suasana yang akrab dan santai menambah kebahagiaan dan rasa kekeluargaan yang terjalin. 

Dukungan untuk #BukuBerjalanuntukBumi


Terselenggaranya kegiatan ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak. Di sini, MinBuk mewakili segenap tim mengucapkan terima kasih untuk metafor.id sebagai media partner dan  Trash Hero sebagai komunitas yang terlibat dalam prosesnya. 

Semoga kehadiran FBB bisa terus menjadi wadah yang mampu merangkul setiap pembaca, penyuka buku di tanah air. Tentunya juga bisa ikut menggerakkan ekoliterasi dengan berbagai kegiatan utama yang selama ini dilakukan dalam Forum Buku Berjalan itu sendiri.

Kontributor : Yuyun Maulidah
Editor : Kak Angger

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rekomendasi 6 Tempat Bersantai yang Edukatif Ibukota: Gratis Loh!

Libur tlah tiba.. Libur tlah tiba... Mungkin itulah yang akan terlintas di benak sobat buku saat libur panjang seperti ini, bukan? Hmm, kira...